WANBANTEN.ID,KOTA TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menegaskan kembali komitmennya dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima dan responsif, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kepuasan masyarakat. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, dalam arahannya kepada para pegawai yang bertugas di lini terdepan pelayanan publik.
“Setiap interaksi antara petugas dan masyarakat harus dimaknai sebagai kesempatan untuk memberikan solusi, mendengarkan, dan membangun kepercayaan. Pelayanan yang prima bukan hanya target atau prioritas, tapi harus menjadi budaya kerja kita sehari-hari,” tegas Sekda.
Peningkatan pelayanan publik di Kota Tangerang juga tercermin dalam capaian positif dari tahun ke tahun. Hasil penilaian Ombudsman terkait kepatuhan terhadap standar pelayanan menunjukkan tren yang membaik, didukung dengan peningkatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dari tahun sebelumnya.
“Pada tahun 2023, kami mencatat IKM sebesar 87,44 dan pada 2024 meningkat menjadi 87,49. Meski kenaikannya tidak besar, tapi konsistensi ini menunjukkan bahwa masyarakat terus merasakan manfaat dari pelayanan yang diberikan semakin baik,” jelasnya.
Sekda juga menambahkan, Pemkot Tangerang terus membuka ruang partisipasi masyarakat melalui berbagai kanal, seperti aplikasi LAKSA dan call center masing-masing perangkat daerah, untuk menerima saran dan masukan demi penyempurnaan layanan ke depan.
“Dengan kolaborasi yang solid antara aparatur dan masyarakat, kami optimis sistem pelayanan publik di Kota Tangerang akan semakin baik dan lebih optimal,” pungkas Sekda Herman.(Marsudin)